Kewirausahaan

Produk Inovasi



Dalam tugas ini saya diperintahkan untuk membuat 3 inovasi produk. Ketiga produk itu terdiri atas 2 produk barang dan 1 produk jasa. Produk-produk tersebut adalah :

1. Air Bag Jacket

Tingkat kecelakaan lalu lintas sangatlah tinggi saat ini, terutama bagi pengendara motor. karena hal itu saya merancang produk ini. Air bag jacket merupakan penerapan teknologi air bag pada mobil kedalam jaket untuk pengendara motor. Jaket ini dilengkapi perangkat pengendali sistem, pemompa udara dan sensor inframerah. Perangkat ini semua dipasang berserta kantung udara pada bagian dalam jaket. perangkat pengendali sistem pompa dipasang pada bagian dada. Disamping perangkat itu dipasang alat pemompa kantung udara yang bila mana sistem dinyalakan maka otomatis akan memompa kantung udara disekitar jaket. Dan yang terakhir agar perangkat pengendali dan alat pemompanya bekerja dengan baik maka dipasang sensor inframerah. Perangkat ini dipasang di bagian pundak. Cara kerja produk ini adalah ketika pengendara mengalami kecelakaan, maka sensor yang telah dipasang pada bagian pundak akan mendeteksi jarak sebelum si pengendara terbanting ke tanah ataupun tertabrak kendaraan lain. Ketika sudah berada pada batas maka alat pengendali sistem pompa akan menyala dan pompa pun akan otomatis memompa angin ke kantung angin yang sudah dipasang di sekitar jaket. Untuk waktu pompanya dibuat sangat cepat, mengingat rentang waktu dengan benturan sangat dekat. Saya perkirakan pompa akan mampu mengisi kantung angin selama 0,5 detik. maka dengan jaket ini resiko cedera dapat berkurang.

2. Spatula shield

Banyak orang takut akan terkena cipratan minyak saat memasak. Hal itulah yang menjadi alasan pembuatan produk ini. Produk ini terbuat dari bahan aluminium. Produk ini memiliki panjang 40 cm dan lebar 30 cm. Cara menggunakannya  hanya dengan memasangnya pada gagang spatula dan spatula shield akan melindungi anda dari cipratan minyak saat memasak. Produk ini juga mudah untuk dibersihkan. Dengan spatula shield Anda tidak perlu lagi khawatir terkena cipratan minyak karena spatula shield akan melindungi anda.

3. BengkOl (Bengkel Online)
Ketika berada di jalan, terkadang kendaraan sering mengalami masalah seperti kempis ban, ataupun busi yang gosong atau terkena air. Karena itu Jasa bengkel online ini dibuat. Jika anda mengalami masalah pada kendaraan ketika di tengah perjalanan, anda dapat memanfaatkan jasa ini. Untuk memanggil jasa ini, cukup gunakan aplikasi BengkOl di Smartphone anda, namun pertama-tama anda perlu mendownload aplikasinya di playstore/appstore. Ketika anda memesan, anda akan ditelpon oleh pegawai kami untuk kejelasan lokasi anda. Setelah itu pegawai BengkOl akan datang ke lokasi anda dan memperbaiki kendaraan anda. Namun BengkOl Hanya mampu memperbaiki kerusakan teknis pada motor bukan kerusakan-kerusakan yang terjadi karena kecelakaan. Dengan menggunakan jasa BengkOl, anda tidak perlu capek-capek mencari bengkel karena BengkOl akan segera datang ke lokasi anda.

Itulah 3 produk Inovasi yang saya buat untuk tugas kewirausahaan kali ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brainstorming Produk Unggulan (Tugas 1 Kewirausahaan)

Unravel

Penulisan Softskill 5, Penerjemahan Berbantuan Komputer