Tugas Kepariwisataan 2



TUGAS KEPARIWISATAAN 2




Pembahasan Tempat Wisata

Oleh  :                  Alexander
Kelas :                  3SA01
NPM :                  10614783








Danau Siombak
               
Danau siombak merupakan salah satu tempat wisata yang tedapat di medan, tepatnya di kelurahan paya pasir, kecamatan Medan Marelan. Danau Siombak memang tidak memiliki nilai historis yang banyak karena danau ini adalah danau buatan dan danau ini pun tidak sebesar Danau Toba. Danau ini awalnya terbentuk dari bekas galian tanah timbun dari proyek jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa pada tahun 1980. Namun bukan berarti danau ini tidak memiliki kelebihan. Danau ini memiliki nilai positif dari segi ketenangan yang didapat ketika berada disana, selain itu terdapat beberapa spot pemandangan yang indah yang dapat dinikmati.
Selain itu tidak ada danau atau gelombang pada danau ini. Sehingga danau ini sangat tepat bagi para wisatawan yang ingin merasakan ketenangan.

Danau Siombak


Namun tempat wisata ini belum terlalu terkenal karena kurangnya pengenalan ke publik serta masih kurangnya fasilitas yang tersedia disana. Namun jika pemerintah dapat memberikan perhatian khusus bagi Danau Siombak maka tempat wisata ini dapat menjadi tempat wisata yang menarik yang dapat menguntungkan masyarakat sekitar maupun kota Medan sendiri.


 
Danau Siombak

       Berikut beberapa kelemahan tempat wisata Danau Siombak :

1.      Kurangnya akses menuju tempat wisata 
2.      Kurangnya perhatian warga dalam merawat Danau Siombak.
3.      Belum banyaknya tempat penginapan untuk wisatawan 
4.      Minimnya jumlah tempat makan disana

    
Itulah sebabnya peran pemerintah dalam membenahi Danau Siombak sangat dibutuhkan agar menjadi tempat wisata yang lebih menarik lagi. Sebab jika Danau Siombak berhasil dibenahi maka dapat membawa keuntungan-keuntungan seperti :

  • Meningkatnya jumlah wisatawan yang datang
  • Berpotensi menambah devisa negara karena datangnya wisatawan asing
  • Meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat
  • Membuka peluang usaha bagi masyarakat di sekitar Danau Siombak



    Peran pemerintah sangat penting dalam membenahi kelemahan dari Danau Siombak. Dalam membenahi kelemahan-kelemahan tersebut, pemerintah dapat melakukan tindakan seperti :

  • Membuat transportasi umum yang memadai
  • Penyuluhan kepada warga agar menjaga dan merawat Danau Siombak sebagai salah satu tempat wisata favorit
  • Membangun infrastruktur di sekitar Danau Siombak

 Selain pemerintah, warga juga harus menjalankan program pemerinah dalam membenahi Danau Siombak jika memang akan dibuat, serta harus ikut merawat Danau Siombak agar tetap menarik bagi wisatawan yang datang ke Danau Siombak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brainstorming Produk Unggulan (Tugas 1 Kewirausahaan)

Unravel

Penulisan Softskill 5, Penerjemahan Berbantuan Komputer